Mengapa Pendaftaran jadi Member HPA, GRATIS?

Mengapa Pendaftaran jadi Member HPA, GRATIS?

Mengapa Daftar jadi Member HPA, GRATIS?

Mungkin ini sering jadi pertanyaan bagi kita semua. Karena berbeda dengan MLM-MLM lain, mendaftar jadi member di HPA itu GRATIS. Sedangkan di tempat lain, berbayar, bahkan mewajibkan untuk membeli produk-produk tertentu dulu.

Secara kasat mata cara ini memudahkan banyak orang untuk bergabung di HPA dan bisnisnya, sehingga siapa pun (bahkan yang tidak punya modal) bisa bergabung. Namun sebenarnya ada hikmah lebih dalam.

1. Di Bisnis HPA tidak ada yang bersifat gharar

Jika di MLM lain, sebelum bergabung seseorang harus membayar biaya pendaftaran, misalnya Rp. 100.000. Mungkin ini tidak memberatkan, tetapi jika kita membayar uang pendaftaran, maka itu seperti kita melakukan pembayaran dengan harapan jika kita sukses di HPA maka kita akan mendapatkan bonus yang lebih besar dari uang pendaftaran. Padahal belum tentu kita dapat bonus tersebut. Harapan inilah yang bersifat gharar/tidak tentu. Jadi, seperti orang memasang taruhan dengan harapan mendapatkan hadiah yang lebih besar (walaupun pakai usaha/tenaga).

2. HPA tidak mengenal Sistem Member-Get-Member (MGM)

Beberapa bisnis membolehkan konsumennya untuk menjaring konsumen baru sehingga konsumen lama tersebut mendapatkan upah/komisi dari MGM ini. Di MLM Syariah hal ini tidak diperbolehkan. Haram sifatnya, karena bonus harus didapatkan dari bisnis jual-beli yang real. Apalagi, jika ada pembayaran untuk pendaftaran baru (yang kemudian sebagiannya diberikan kepada member yang mengajak), maka akan menimbulkan sifat gharar dalam bisnis HPA ini (lihat No. 1 diatas)

3. HPA tidak mewajibkan member baru membeli produk

Anggota baru selalu diberikan kebebasan untuk membeli produk yang sesuai dengan kebutuhannya dan juga kondisi keuangannya. Tidak ada pemaksaan di HPA, apalagi jika kewajiban membeli produk-produk tertentu malah akan mubazir karena anggota baru tersebut sebenarnya tidak membutuhkan produk tersebut.

Mudah-mudahan dengan penjelasan diatas, teman-teman sudah paham bahwa inilah HPA, yang selalu berusaha untuk menanamkan bisnis yang syariah, bahkan di awal proses seseorang untuk bergabung.

Buat teman-teman yang sudah pernah bergabung di bisnis MLM lain, mungkin bertanya

“Lalu, darimana member mendapatkan bonus?”

Jawabannya: Member mendapatkan bonus dari jual-beli yang terjadi diantara member-member lainnya. Jika tidak terjadi jual beli, maka tidak ada bonus yang dihasilkan. Insya Allah ini memastikan bisnis di HPA tetap sesuai syariah.

Ayo, daftar jadi member HPA!!